Thursday, November 26, 2009

Cinta insan



"Tanda paku di kaki dan tangan, tanda cinta, tanda cinta"
"Tanda tombak menusuk di pinggang, tanda cinta nya Tuhan"
"Itu semua sudah Tuhan terima"
"Guna semua yang mengikut Dia"
"S'lamat orang yang tidak melihat, tapi percaya juga..."



Bagi umat Kristen pasti sudah semua donk hafal lagu ini. Iya, masa kecil saya memang dihabiskan dengan beratus2  lagu kristiani. Membaca alkitab saku pemberian guru agama saya, mendengar cerita-cerita dari alkitab, dan mencatat pesan-pesan penting dalam alkitab. Saya malah punya catatan kecil yang saya tulisi di buku note pad kecil bergambar sailor moon. Saya bawa buku itu kemana-mana seolah-olah itu merupakan benda yang paling berharga dalam hidup saya. Jikalau sedih, saya membuka buku itu, memilih salah satu lagu dan menyanyikannya keras-keras. Sampai ayah saya sampai mematikan radio atau tape di mobil dan memilih suara saya yang kayak ember bocor.. haha.
Tapi saya bersyukur masuk sekolah Kristen itu selama enam tahun, karena sebagian besar teman saya memeluk agama Hindu, sama seperti saya. Beberapa Muslim , Budha, China, dan sisanya Kristen.. 50 orang dalam angkatan saya, dan percayalah.. kami sangat-sangat rukun. Kami luar biasa kompetitif dan lucu. Saya merindukan mereka. Saya merindukan kepanikan teman saya kalau saya lupa membawa buku, saya merindukan celotehan teman saya saat naik sepeda bareng, saya merindukan tangan mereka yang memegang saya saat hampir jatuh naik sepatu roda, atau menarik saya di kolam renang saat saya mau tenggelam.. itu merupakan tanda cinta mereka yang paling tulus. Tanda cinta yang tidak saya dapatkan dari lingkungan sekitar saya yang menganggap saya seperti secuil debu yang tidak ada artinya. Saya sempat berpikir bagaimana damainya dunia apabila mereka mencontoh kerukunan kami yang berteman dengan tulus tanpa memandang fisik, budaya, agama, atau latar belakang.. apalagi warna kulit.
Kalau di dunia bloggers, tanda cinta adalah saat teman kita sudi meluangkan waktu untuk membaca postingan kita yang kadang bermutu- kadang terlalu panjang, kadang sesuka hati. Yang mau mengetik kolom komentar daripada ngisi buku tamu saja. Yang bersedia mengobrak-abrik rumah kita, walaupun itu masih postingan mentah yang belum terpoles. Yang memberikan tanda cinta tak terduga seperti award yang saya terima dari sahabat blogger baru saya yaitu Insan 37 yang punya rumah baru!  (walaupun sudah tiga kali dapat award ini, saya pasang kok, namanya juga tanda cinta seorang sahabat ;)

Award ini sedang nge-trend dan beredar seperti surat kaleng, namun tetap indah dipajang, kok! ;)


Terima kasih awardnya sobat, tanda persahabatan ini akan saya teruskan juga kepada kawan blogger baru saya yang sudah mulai bersedia membaca dan menguliti postingan saya, izinkan saya memberikan tanda cinta saya pada kalian..

Bagi teman-teman senior dan teman –teman seperjuangan yang sudah sangat sering membaca, menguliti, komen, meninggalkan pesan di buku tamu- dan masih setia membaca, tanda cinta saya adalah mengunjungi balik rumah kalian setiap saat, award spesial untuk kalian saya berikan nanti pada waktunya – seperti Tuhan yang selalu membuat segalanya indah pada waktunya.  ;)


47 comments:

-Gek- said...

Ngapling cari pertamax.. xixixiix..
Buruan ambil hadiahnya ya, Sob! Sebelum dingin.. hehehehhe!
Mwah!

Clara said...

wuih, Gek, rajin dapet award yah ^^
hhihihihi...selamat ya Bu...^^

Clara said...

ngapling ke 3 juga ah, Gek, inget angka 3 angka kesukaan salah satu sahabat SMA ku

-Gek- said...

@ Clar : suka lagunya ga Clar? (aku maunya dirimu komen tentang lagu.. hahaha.. *getok*)

t.e.3.k.4 said...

klo ini ke 4 ga yah???

mocca_chi said...

koment sambil denger lagunya peterpan, dibalik awan, nguing nguing nguing.....

aku memang paling suka breathe, lagu kebangsaan wkwkwwk

t.e.3.k.4 said...

gek, makasih yah ewotnya..
ntar tika pasang abis ngerjain orang dulu eh kerjaan maksudnya :D

jhoni said...

wah saya dapat award dari gek......jadi terharu, sampai takut terbangun kali ja ini mimpi?!!?!?!
segera saya pajang deh!!!!!!

NB: duduz (seperti dibelakang nama saya itu) dalam kamus google yang saya cari artinya "ganteng, baik hati, tampan, suka menabung........" hehehehehe ngarep!!!!

Gogo Caroselle said...

Gek makasiong makasiong award nyaa...
sama, aku sama temen2ku yang beda agama juga rukun, emang enyaknya begitu ya, ga bole liat rasa agama sex dll, dibawa rukun aja, pasti lebi damai yah :)

aaSlamDunk said...

yahhhhh aku gak dapet awordnya ki xixixixi

Clara said...

hihi, Gek, aku kok nggak pernah denger lagunya ya
(kebiasaan kalo ibadah di gereja ngelamun soal postingan apa ya yg mau ditulis, hihihihi)

t.e.3.k.4 said...

tika baru ngeh, ternyata tika masuk ke kategori "membaca dan menguliti postingan" hehehe

maap yah gek, abis seneng aja baca dr awal :D

Noor's blog (inside of me) said...

Mantap...mantap !!

Kang Sugeng said...

award lagi ya Gek... selamat ya, hahahaha..... saya belum kebagian...

cahyadi said...

wah...indah banget mbak...persahabatan tulus tanpa memandang aneka perbedaan yang dimiliki... salut... untuk awardnya makasih banget ya... salam kasih...

SeNjA said...

waah,,.... gek nyepam aku nih hihihi...

awas ya gekk,aku balas ^_*

SeNjA said...

hemm,persahabatan yg mana gek ?? hemm sang malaikat dan sang cahaya??? hihihhi.....

SeNjA said...

curangggg...katanya sahabat ? katanya teman ?? buktinya ...hemm..aku gak kebagian awardnya *_*

SeNjA said...

Bu guru,bsk idul adha loh...mau sate dan gulai kambing gak ???

SeNjA said...

Gek,..langit jakarta kok mendung trus ya...*_* hiksss......

SeNjA said...

satu lagi ahhh,.....

gek,beneran nih aku gak boleh nitip kanguru atau anaknya nih buat oleh2 ? hihihihi.....

Tha..^^ said...

cakep banget lagunya d^^b tapi aku ngga tau gimana nyanyiinnya tuh...
taunya yang Jesus love me this i know...^^

dapet award lagi tuh, selamet yaa ^^

Piet Puu said...

SELAMADD yaa teh buad awardnya... ^_^
piet ko ga kebagian.....
huuuuaaaaa hikkksssss
(NGAREP MODE ON)
hehehehe

Kang Sugeng said...

Wuduh maaf Gek (sayang, hehe..) tadi saya buka inet pake kompi teman, ni skrg buka pake kompi sendiri, saya baca dulu ya...

RanggaGoBloG said...

wah selamat yah atas awodnyah.... semoga makin semangat...

Kang Sugeng said...

hwaaaaaa.... saya ndak kenal sama lagunya Gek, hehee...

Kang Sugeng said...

yup.... mengenai agama, memang kita semua wajib untuk saling menghargai satu sama lain, tanpa pduli dia muslim ataupun non muslim, yg terpenting persahabatan harus tetap terjalin.

-Gek- said...

Trus, mau dibungkus tidak awardnya kang sugeng???
:D

Kang Sugeng said...

hahaha.... maaf beribu maaf Gek sayang, hehe... ternyata nama saya tercantum paling atas, maklum mata tua uda lelah saben ari menatap kompi, hehe,
saya angkut awardnya pulang. Thank you, sahabat terdekatku, jng marah atas kekhilafanku tadi ya.... kita ttp sahabat kan?

Freya said...

yaaaah aye ga dapet ewodnya huuu... gapapa deh. Tapi laen x kasih ewod yak hehehehe.

vie_three said...

waaahhhhh selamat atas awardnya..... ^^
aq udah dengerin lagunya sherina, emang siy lumayan.... tp masih belum mampu membuatku ingin bunuh diri...... xixixixi

Sang Cerpenis bercerita said...

selamat awardnya ya....

Fanda said...

Aku malah ga pernah dengar lagu itu!
Selamat ya buat awardnya, persahabatan memang selalu indah apalagi kalo datang dari perbedaan.

insanitis37 said...

Salam mba angel yang baiknya melebihi peri (hehe, jangan bilang aku lebay!)
Makasih banyak ya udah mau mereview awward dariku (walaupun udah pernah dapet juga ya, :-)
Aku suka sekali ttg ulasannya yg pertama, mengenai pluralisme. Hidup damai hanya mungkin terwujud bila kita semua berhasil memandang dan memperlakukan yang liyan sebagaimana ia ingin dipandang dan diperlakukan. Sikap ini berjalan lurus dengan kita sendiri yg ingin diperlakukan oleh orang lain sebagaimana kita memperlakukan diri kita sendiri.
Damai selalu menjadi konsekuensi logis dari Cinta. Sementara cinta, bisa tumbuh dan berwujud dari perkenalan dan memahami.

Anggaplah awward dari saya ini sebagai bukti bahwa sy ingin lebih mengenal dan memahamimu. Bila cinta tlah tumbuh, kedamaianpun akan kita tempuh. Bukan hanya untuk kita, namun untuk semua makhluk di bumi...
Semoga mba angel senantia mendapatkan kebahagiaan di semua alam...

anindyarahadi said...

mba gek, makasiiiiiiiihhh ...!!! mwah mwah mwah.. sampe jontor.. hahaha jangan mundur ketakutan gitu dong :P ntar aku juga pengen nyepam

anindyarahadi said...

ngek ngook aku ngga tau lagunya (-___-")


@mba fitri, aku juga ngga bunuh diri kok mbak.. ni buktinya masih bisa nulis komen.. hehe.. kalo aku udah bunuh diri pake sumpit.. yang komen ini siapa ya?

anindyarahadi said...

sayang awardnya ngga bisa dimakan :p

ateh75 said...

Wah selamat ya atas awardnya,eh aku juga punya hutang nih sama mas insan hehe ,belum posting Awardnya.

Gusti said...

Keep posting Gek....
di tunggu post baru'a...
blom dpt2 pertamax nich [jauh bener yak :p]

Munir Ardi said...

kayaknya pantes banget deh kalau neng angel dapat award rajin banget

Munir Ardi said...

semua kampung blogger diterbangi

Sigit Purwanto said...

selamat ya mb..keren..hehe

Rumah Ide dan Cerita said...

Semangat pertemanan yang baik tuh Gek. patut dicontoh.
Eniwei selamat ya buat ewotnya.

Itik Bali said...

Deuh...selamat atas awardnya ya..
keren abis..
tengkyu..lho??? kok aku makasih..
ha..ha

More Than Words said...

Mbok, okeh kita nanti ke warungnya Bli Jhoni ya..
tapi aku sama mama ku..

Munir Ardi said...

lagi lihat koment sahabat dulu gek apa ada tambahan indikator ternyata hanya dari anda dan yanuar catur rastafara

bliyanbayem said...

wihhh... di sini juga bagi2 award. salam kenal ya!!