Thursday, December 10, 2009

Asal Usil (Re-POST)

Prakata :
Postingan ini sudah ada jauhhh… sebelum para readers (yang sudah mengintip nama lengkap binti panjang saya di ajang Djarum Black Competition.) menanyakan arti nama “Gek”.
Postingan aslinya (dulu) hanya berisi komen dari Mbak Fanny Stroberi, yang dari awal, sebelum blog ini ramai dikunjungi para readers, sudah setia banget.. mengunjungi blog saya.. (tersedu-sedu mode : ON) Maka dari itu, saya re-post lagi. (bukan karena tidak ada ide ya.. Jie a.k.a G sering komen kalo saya re-post “Apa ide udah habis??”) Mudah-mudahan rasa penasaran itu ga berlarut-larut yee.. Yang sudah sempat baca, di baca ulang deh.. di komen ulang deh.. jangan di copas aja.. hehehehe!
 Apalah arti sebuah nama?

Hih.. William Shakespeare banget..  walaupun saya belum pernah membaca puisi Eyang Shakespeare ini, saya mengakui kalau apa yang beliau katakan ada benarnya. Namun terkadang, nama seseorang itu bener-bener bikin penasaran. Ada yang namanya kedengeran cantik banget- ada yang sederhana, ada yang ala barat- walaupun kebangsaan masih Indonesia, ada juga yang dari nama aja kita bisa tau suku bangsanya! Tapi, orang-orang Indonesia itu, benar-benar kreatif memberikan nama kepada anak-anak mereka!
Saya ingat sewaktu saya mengisi formulir untuk VISA, cuma ada dua kolom, first name (nama pertama) dan last name atau surname (nama keluarga- nama belakang) saya bingung! Karena nama aseli saya itu terdiri dari 4 kata..  sedangkan nama depan saya- nama Bali, yang notabene.. seperti simbolik yang penting (bagi saya) sehingga tidak ada orang yang memanggil saya dengan nama itu. Lalu.. surname saya yang umumnya nama keluarga.. wadaooo.. nama belakang saya sama sekali bukan nama keluarga!! Dan, lagi-lagi… tidak ada yang memanggil saya dengan nama belakang saya atau nama depan saya. Bengonglah saya, dan melengos pasrah menuliskan nama depan dan belakang saya di formulir pengisian VISA itu..  walaupun dalam hati benar-benar tidak terima!
Tambahan lagi, sebagai orang Indonesia, kita bahkan punya panggilan masing-masing! Nama panggilan itu melenceng jauh nama aseli kita- sementara itu, saat kita beranjak ke masa-masa SMP atau SMA, teman-teman sebaya kita (atau mungkin kita sendiri) akan memberi nama julukan yang sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan nama aseli kita. Omigod! How complicated is this???
Okelah saya beberkan beberapa contoh…

Ini ponakan saya si Rani, orang-orang bilang.. dia cantik dan mirip banget kayak tantenya.. a.ka. GEK... hihihihihi! 

Adik sepupu saya, nama aslinya Pradnya – nama panggilan “Febi” karena? Pasti kalian mudah deh menebaknya, karena… bulan lahirnya Bulan Februari. Keponakan saya, namanya Devita Kiranaputri, panggilannya “Rani” karena kakeknya tidak suka memanggil Devi, Vita, atau Kiran.. astaga! Guru saya dipanggil Ibu Nana- nama aslinya Dewi Ratna.. keponakan saya satu lagi.. (sombong amat sih, baru punya ponakan banyak?) dipanggil Bintang- padahal namanya Intan.. aih… itu baru contoh-contoh ringan saja.
Ada yang dipanggil karena ciri khasnya masing-masing, misalnya pacar saya sendiri, karena dia orang kidal, dia dipanggil “kedel” (sampai sekarang, lo!) Teman satu geng nya dia bernama Angga dipanggil “Jamboel” karena apa hayo..? Yap! Karena rambutnya disisir sehingga berbentuk jambul. Oh, ada yang lebih parah ini dari keluarga saya sendiri lo, ayah saya dipanggil “Taz” karena hobi banget makan, dan sekali ganyang langsung habis- sampai saya sendiri tidak sadar kalo piring camilan udah kosong melompong yang ada cuma sisa minyak. Mau tau nama asli ayahku, ih, keren loo…”Mega!” Belum lagi Paman saya yang dipanggil “Pak Bean” karena sikap dan tingkah lakunya kocak, triky, kadang-kadang nyebelin persis seperti Mr. Bean! Padahal nama asli Paman saya Nugraha.. huks.
Lebih banyak orang juga yang membuat-buat nama panggilan untuk dirinya sendiri, alasannya.. biar ga mudah dikenali orang- biar unik engga ada yang nyamain. Contoh? Waduh kalau yang ini segudang deh.. khususnya para blogger2 kita tercinta atau ambil contoh saya sendiri- (hihi, biar para blogger ga marah sama saya!)  yang dulu waktu SMA mencoba membuat nama panggilan sendiri! Dulu saya buat nama saya cicis_angel. Hih.. aneh ya, artinya? Hum.. ga tau! Wadooo.. tambah aneh. Dulu saya suka ngejar-ngejar anak ayam (chix) maka dari itu, saya memproklamirkan diri jadi CICIS.. – kalau angel-nya, karena saya suka malaikat aja sih! Bodohnya temen-temen SMA saya dulu kok pada setuju manggil saya nama itu- sampai sekarang. Sering papasan di jalan- pas saya lagi bonceng Ibunda dan mereka teriak “Cicis!” terang aja si Mami yang cantik jadi mengkerut. “Gek, mereka manggil kamu apa??”
 Terang saja Ibunda tercinta langsung ketus, lha wong kalau di Bali itu, nama mempunyai kesakralan tersendiri, ada upacaranya pula! Makanya kalau anaknya dipanggil aneh-aneh, jelas aja yang empunya muntab. Tapi, Ibu saya juga melanggar, toh..? Karena memanggil saya “Gek”.

"Gek” atau “Geg” diambil dari kata “jegeg” dalam bahasa Bali yang artinya cantik. Kalau di pulau Jawa, mungkin dipanggil ‘neng geulis’, ‘non’, atau ‘nduk’.
Lucu juga ya Indonesia punya budaya unik seperti ini, karena orang Barat juga pada heran, kok bisa kita mempunyai nama 4 kata- atau bahkan ada yang lebih panjang, sedangkan kita dipanggil dengan nama panggilan kita (yang mungkin tidak tertera di akte kelahiran) yang buat kita merasa sangat nyaman dipanggil dengan nama itu. Terkadang orang-orang bule itu nguping pas saya terima telfon dari pacar saya, dan langsung menanyai saya setelah telfon saya tutup. “You said your boy friend’s name is Kadek, why you called him “sayang”? How many boy friend have you got?? “


Perhatian!!!
Nama-nama diatas adalah nama sebenarnya, maaf kalo asal nyolong.. hihihi. (ketawa kunti)

47 comments:

Fajar said...

yup....apalah arti sebuah nama...yang penting julukan ya...he..he...

nuansa pena said...

Blog ku namanya nuansa pena!

nuansa pena said...

namaku achmad edi goenawan pemilik blog nuansa pena!

nuansa pena said...

kalau kasih komentar kadang pakai nuansa pena atau achmad edi goenawan!
Betul kata mas fajar, apalah arti sebuah nama! ehhh enggak sekata dengan mas fajar, nanti namaku jadi -Gek-! tobat yang punya julukan bakal sewot! qi qi qi qi qi

Clara said...

dulu pas SMA ku juga dipanggil Oneng sekarang dipanggil kura atau kuya...

Elsa said...

oh jadi artinya "CANTIK" ya?
kalo gitu, aku mau dong dipanggil GEK juga, biar ketularan cantik kayak GEK!!!

hehehehe

Seti@wan Dirgant@Ra said...

mampir sore...
Maf banget buru2, cuman pingin beritau Awardnya baru diposting.
Makasih banyak.

lina said...

aku nggak suka nama bungul. tapi temen-temenku manggil bungul. jadi pasrah ajalah, toh memang bungul beneran. :)

jadi gek, namu lengkap kamu siapa ?
*masih penasaran*

aaSlamDunk said...

gek candra...
nama lengkap pa bukan sih?

ada panjangannya ya?
tell me

diar said...

He heh... (nyengir kuda)...

Bagus gek. iya yah!!! reaksiku ketika sudah membacanya.
Ikutan kompetisi ya. semoga sukses ya.

Aneh gak Gek? di kampung, kok aku malah dipanggil Del Piero bukannya diar aja. He heh... (aku garuk-garuk kepala). Entah kenapa?

He heh... (senyuman penuh kemenangan)

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Awardnya baru saya pajang.
Trims.

ivan kavalera said...

Si Rani memang cantik ya. mirip banget dg tantenya yg bersayap malaikat.

kedai kopi said...

What is a name? itu kata Shakespeare.

JHONI said...

wkwkwkwkw udah bisa koment kok gek udah ada posting baru...silahkan mampir!!!!

saya orang bali tapi gak pernah di panggil gus yg artinya bagus /ganteng......mungkin karena saya gak ganteng huhuhuhuhuhu..........

sedihhhh!!!!!!! tapi ada juga ternyata wanita yg khilaf terus mau saya persunting wkwkwkwkw

JHONI said...

nama pacar kadek.....hm....hm.....jadi penasaran siapkah kadek yang beruntung itu (ato ketiban sial) wkwkwkwkw kabur ah!!!!

JHONI said...

saya jarang nyepam si.....tapi

JHONI said...

kok rasanya pengen nyepam ya.....

JHONI said...

mungkin karena saya ngidam nyepam!!!!wkwkwkwkwk ada kali ya!!!!

SeNjA said...

jadi sebenrnya siapa nama asli kamu cantik ???

kenalin namaku, neng,,,hehe,....

SeNjA said...

aku baik gek,sepertinya rumput liarku ini slalu baik ya ^_*

hemm,gitu ya gek ? y udh gak papa kok...kita msh bisa baca tulisan2 mu yg keren kok gek ^_^

Freya said...

hahaha dasar

FaiS said...

nama itu sangat berpengaruh..,
karena nama yg baik akn mnjdi do'a apabiLa d sebut

FaiS said...

nama itu sangat berpengaruh..,
karena nama yg baik akn mnjdi do'a apabiLa d sebut

Gusti said...

wah ternyata LDR yach, dah setahun donk ga ktmu..

wah sebentar lagi bisa melepas kangen dech..

ada berapa orang yang punya panggilan Gek..
ga da yang mau di panggil Lek (jelek) yach hihiiihiii...

anindyarahadi said...

lucu banget komentar si bule mbak...



nah aku juga dipanggilnya nyin, atau anyin... kesannya kayak anak balita ngomong ya.. serba cadel

sibaho way said...

hahahaha... pantes teman saya Agung yang asli Bali kesel klo saya panggil jegeg :))

Andie said...

namaku nikolas saputra eh di panggil andie

Andie said...

wiliam sekspir itu salah! nama itu penting! kan ga mungkin kita panggil orang dengan nama hewan. *halah*

Andie said...

aku ga ada nama keluarga gek. namaku 3 kata dan itu ga ada nama keluarga! arggghh... ak mau nikahin alisa soebandono nih supaya ada nama keluarga. *ngarep*

Andie said...

ahem. KETIGAKS PULUHUX. cihuy. hutangku padamu cuma tinggal satu nomer togel lg gek. waspadalah!

Aditya's Blogsphere said...

ada 3 orang yg bikin kangen,anindya,ayu laksmi dan -GEK- dulu aq juga nyembunyikan nama asli q,dari misteriz,swosdfishx,dan lain2,tapi sekarang, aq berani beri nama asli q di profil, charisma wahyu aditya....skali lg aq ucpkn salam knal y

Rizky2009 said...

bingung nih mau coment apa, kalau nama q Rizky mahrizal begitulah yah bunda q ngasih nama , asli made in tulungagung jawa timur he... he...

Itik Bali said...

Aku Gek Ayu
jadi Ayu Ayu..
he..he
nama ayu di Bali terlalu familiar...
mbok bapakku itu namain aku Cinta Laura apa Jacky Chan gitu ya?
kan apa arti sebuah nama ..
he..he

christie said...

haha..ga kebayang ekspresi bingung si bule waktu itu. Trus ngejelasin ke si bule nya susah ga Gek? hehe

awalnya saya kira Gek itu singkatan nama, ternyata artinya cantik dalam bahasa bali. ooo..
*manggut-manggut

masa sih nama itu ga ada artinya? trus kalau ga ada nama, manggil orangnya gimana yah? hehe

mira said...

hoalah, gek itu artinya cantik?? nama asli saya ga terlalu beda sama panggilan, tapi ada juga yang aneh2 panggilannya. seperti teman saya zaldi, panggilannya Uzenk. nama aslinya Aufa, berubah jadi Opha. halah.. :D

Kang Sugeng said...

Ow... jadi Gek itu nama panggilan untuk anak cewek Bali ya? Artinya cantik? hmmm... cocok bngt sama orangnya.

Kalo di edsa saya di Pacitan sana, gek itu artinya bekicot. Atau bisa juga di gabungkan dalam kalimat perintah, kayak gini ni contohnya,
"wis ayo gek ndang...!"
Artinya.. "udah ayo cepetan..!"

Gitu, hehee...

Kang Sugeng said...

Na kalo Putu Ayu, itu nama makanan, kue yg di kukus dalam lubang bambu, kalo lagi keliling, bunyi tiiiiiiiiit.... gictu...

paraony said...

gek salam kenal :)
saya tertawa melihat masalah nama ini,jadi inget pernah ngalamin hal kaya gek.
nama saya Fathoni. dan waktu itu harus ada nama belakang yang saya masukin, alhasil "diam mikir + cengar cengir" eh,ditambah sedikit manipulasi sebenarnya,haha..

RanggaGoBloG said...

gek ada awod buat kamu...... berhubung kemarin namaku lenyap jadi awod dari kamu gak jadi tak sundul deh... eheheheheheh

mocca_chi said...

klo ada yg manggil gek cantik, masak artinya cantik cantik... ga enak bgt namanya yakkk

vie_three said...

saya juga gitu, bahkan nama panggilan saya ada 4, bayangkan!!! 4 di lingkungan yang berbeda. Pitri kalau di keluarga, handayani kalau di teman-teman SD, terus lala kalau sama teman-teman nongkrong, dan piteli (karena aq cadel) kalau sama teman2 kuliah ini.... busyet dah..... ckckckckck

rizky said...

arti sebuah nama yak?? sampai sekarang sayah belom menemukan arti itu :P hihihi

Bluebz said...

hoho...
pas Si bule tanya gitu. Gek jawab gmn tuh??
eheeee...

nama ane bluebz..
krn w suka warna Blue,
jadi tanggung.
w tambahin aja "bz"..
hee....

salam berkawand..

Sang Cerpenis bercerita said...

siang..gek..belum update?

Gusti said...

gek nitip gesper branie yak hehehe... :D

koq blom update sich?

Edo Belva said...

ho oh..aku yang punya nama edo belva firmansyah aja ada yang manggil aku dodol,,mungkin kalo ortu ku tau aku dipanggil gitu bisa nangis tuh, wkwkwk

Anonymous said...

The author is really cool. But some of the commentators are just posting stupid words.