Tuesday, August 17, 2010

Terima Kasih!


Pernah dengar tidak kalau ada tiga kata yang biasanya sangat susah untuk diucapkan??
Ada yang tahu?
Kalau belum pernah dengar, saya kasih tau deh, tiga kata ajaib itu…yaitu,
Tolong, maaf, dan terima kasih.
Apa benar susah diucapkan? Mungkin mudah untuk mengucapkan, namun kita jarang mengucapkannya, betul?
Apalagi kata.. terima kasih!
Bagi saya, kata-kata itu, terlalu sering saya ucapkan! Bermula hanya dari kebiasaan kecil saya dan Ibu saya yang selalu bilang “terima kasih” untuk hal sekecil apapun. Misalnya, saya menanyakan kabarnya via sms, diucapkan terima kasih.. saya menelfonnya, “thanks for calling, honey!” biasanya Ibu saya mengucapkan kata itu.
Belum lagi, kalau kami pergi berdua dan melakukan “Girl shopping time..” saya pun tak jemu-jemu bilang, “Thanks Mum!”.
Hal ini merembet pada kehidupan saya, sekecil apapun perbuatan yang orang lakukan buat saya, saya pasti otomatis mengucapkan, “terima kasih..!” itu sudah otomatis, tidak bisa tidak! 
Pernah mantan pacar saya dulu.. a.k.a. suami saya yang sekarang protes tentang hal itu. Pasalnya setiap makan malam, dan saya di traktir, saya selalu bilang, “Sayang, terima kasih untuk makan malamnya hari ini ya….”
Mantan pacar saya itu bilang, “Aduhhh! Resmi amat sih, pake kata terima kasih, aku kan bukan orang lain, aku kan pacarmu, kenapa sih, musti bilang seperti itu?”
Saya yang disemprot sebegitunya, engga bisa berkata banyak. Saya hanya bilang, “Itu kebiasaan saya. Kalau kamu anggap kebiasaan buruk, ini sudah otomatis ga bisa saya ubah. Maaf ya.” Dan.. mantan pacar saya akhirnya terdiam mendengar alasan saya.
Dan saya, tidak pernah berhenti berkata terima kasih untuk semua hal kecil yang dilakukannya. Waktu dia jemput saya di kantor, “terima kasih ya sayang udah dijemput”.  Sampai hal kecil seperti menemani saya antre di bank, “terima kasih ya sayang, sudah meluangkan waktu.”
Akhirnya apa yang terjadi??
Kebiasaan itu menular… (!!) saya hampir tidak percaya waktu mantan pacar saya mengucapkan terima kasih karena saya mentraktirnya makan malam waktu itu. Namun, saya diam saja. Saya mengira.. kebiasaan yang baik ditularkan, tidak berbahaya, toh??
Sampai sekarang, kami menikah, hal-hal kecil itu, tetap berlangsung, malah saya yang hampir setiap hari lupa mengatakan terima kasih pada suami saya.
Saya jadi terenyuh saat suami saya mengucapkan “terima kasih sayang” waktu saya buatkan dia segelas teh, hari ini. Padahal setiap hari, suami saya selalu membuatkan saya dua gelas susu, pagi dan malam hari – dan saya hampir tidak pernah mengucapkan terima kasih… *doh!
Well…., sudah saatnya saya berubah, untuk kembali seperti yang dulu lagi. Menghormati siapapun yang telah berbuat hal sekecil apapun pada saya dengan mengucapkan “terima kasih”.
Mumpung sekarang ada yang ulang tahun, saya ingin berterima kasih untuk kemerdekaan yang telah dipersembahkan Negara kita selama 65 tahun ini.. meskipun banyak hal yang masih perlu diperbaiki.. semoga kemerdekaan ini akan selamanya kita rasakan.
Dirgahayu Indonesia!

25 comments:

kebookyut (DiVe) said...

benar2....
tp kalo ke keluarga sendiri, keboo jarang bilangnya kecuali ke adik... hehehe...
kalo ke temen2 ato pacal sering, tp di sok imutin jadi : acici.. hehe..biar lain dari yg lain*padahal yg normal aja lbh bagus...^^

camajuyas said...

so sweet.....memang mbak...meski dengan hanya sekedar mengucapkan terima kasih itu merupakan penghargaan tersendiri..dan sekalian mo ngucapin terima kasih kepada mbak karena telah berkenan berkunjung ke gubugku...he..he..

Sang Cerpenis bercerita said...

itu kebiasaan yg bagus kok. Saya juga selalu berusaha bilang terima kasih. walaupun kadang suka lupa juga sih. he he he...btw, baik banget suaminya mau buatin 2 gelas susu setiap hari..duh....jadi iri nih. hehhee...Merdekaa!!

Terima kasih juga udah diberi kesempatan ngoceh di kolom komentar ini.

deadyrizky said...

MAAF kalo komennya sederhana
TOLONG diterima ya. TERIMA KASIHH:O

Ellious Grinsant said...

Wah mbak kok jadi pelupa begini ya, hehehehe... mungkin faktor usia kali mbak, wuakakakak...

btw, terima kasih atas postingan yang ini...

fayantori said...

mudah di ucapkan namun susah di lakukan hehehhe...perlu banyak belajar dan belajar lagi

Gusti said...

terimakasih udah mampir... :p
bumil sehat??

aaSlamDunk said...

dan sekarang orang lebih suka mengucapkan kata "THANKS DAN SORRY" dibanding "MAAF, MAKASIH" padahal lebih sopan yang maaf dan makasih ya?

ibu hamil pagi pagi dah rajin posting ik hehe

Sang Cerpenis bercerita said...

datang mengucapkan terima kasih kembali karena sudah mampir ke blog ku hari ini. hehee..

bandit™perantau said...

saya malah lucu, kalao berterimakasih itu mudah, tak segan-segan berterimakasih sama org yang dah mmebanti, besar kecil sengaja atau tidak sengaja..

tapi kalo saya diterimakasihi kadang malah sewot.
"halah halah, gak usah gak usah, sesama teman aja kok..!" hahaha

Senja said...

setuju gek,..tiga kata yg mudah tp org kdg enggan mengucapkannya. padahal hasil nya justru luar biasa ya... :)

apa kabar gek ??

Ordinary BloG said...

sebelumnya saya mau minta maaf..tolong comment saya ini dimunculkan ya. Terima kasih Gek ^^

Senja said...

dateng lagi nyantroni sahabatku.....

geekkkk....buka pintunya ^^

mocca_chi said...

oke deh jeung, nasehatmu ini ak suka. aku suka bgt :*

arfi said...

terima kasih pula buat indonesiaku.. sudah 65 tahun ya... hiks...

darahbiroe.com said...

alhamdulillah aku bukan termasuk yang sulit mengucapkan ketiganya
tapi klo yang pertama bilang tolong gitu jarang banget
sukae langsung ajah eh ini eh itu
hikz hikz
makasih ya untuk artikelnya
sudah mengingatkanku
untuk belajar

Script Murah said...

Terimakasih ya mba telah mengingatkan ...

Salam kenal

Sang Cerpenis bercerita said...

met malam aja deh.

ieyaz said...

Terimakasi gek udah maen ke blogku.. hehee...

apa kabar gek..???

Bekti said...

Hehe...kunjungan balasan :D. Memang perlu latihan kalau belum terbiasa mengucapkan ke-3 kata itu ya :)

Baby nya co or ce? Rencana mo dikasih nama siapa?

Sang Cerpenis bercerita said...

updateee...bawain siomay nih

Rizky2009 said...

aq sellalu berusaha mengatakan TOLONG apa bila minta bantuan, apabila aq melakakn kesalahan, aq g akan keberatan u/ minta maaf, terima kasih sll aq ucapkan apa bila selesai minta bantuan

Lulus Sutopo said...

Kita jaga rasa Toleransi sesama

Elsa said...

iya iya, bener Gek
terima kasih sudah diingatkan

BABY DIJA said...

Selamat Siang Tante...
terima kasih ya sudah sayang sama Dija