Thursday, January 31, 2013

Appraisal



Apa itu appraisal?

Appraisal adalah nama lain dari evaluasi.. Di kantor saya, ada acara appraisal tahunan, berlaku untuk semua guru plus staff. Appraisal biasanya dilakukan oleh bos. Kalau saya, selaku guru, bos saya adalah “Bu Manager Indo”. 

Sebelum appraisal, biasanya ada form yang harus saya isi. Ada point-point seperti, ngapain aja sih, setahun ini.. hal-hal yang paling kamu nikmatin, ada kesulitan.. mau ngapain tahun-tahun berikutnya.. rencana apa untuk meningkatkan profesionalisme, trusssss.. hal, hal apa perlu support dari kantor dan komentar lainnya yang bisa diungkapkan langsung sama si bos. 

Saya mikirnya, appraisal sih, ya sama si bos “Bu Manager Indo” biasa. Eh, kok tiba-tiba muncul Bu Manager Bule, yang seharusnya dia ga usah appraisal saya.. hehehe.. (tegang ceritanya)

Tapi, saya bersyukur juga sih, si Bu Manager Bule yang mengevaluasi dan lebih banyak bertanya dibandingkan bos biasa saya. Pertanyaan dan pernyataan beliau lebih masuk akal, dan dalam waktu 45 menit appraisal, yang banyak berbicara adalah saya + berulang-ulang kali ucapan terima kasih dari Bu Manager Bule (dan Bu Manager Indo - dikit). :D 

Mimpi apa saya semalam…?

Teman-teman guru saya, selalu bilang.. appraisal adalah “nightmare”, karena sejujurnya performance kami dinilai oleh semua orang. Bukan dari segi akademik, segi social, relationship with other staff, gaya bicara, cara berpakaian, gaya rambut, senyum, sampai alas kaki yang kami pakai.. Dude, yes, I’m super serious.
Karena, sometimes.. people do cry in their appraisal… Dulu saya pernah nangis sekali, bukan saat appraisal – tapi sesudah keluar dari ruangan. 

Tau apa salah saya? 

Saya hanya berkata “Senangnya, kerja 8 jam..” Itu pun ga di depan si bos ngomongnya… saya ingat saya bicara di depan seorang teman saya.. dan Si bos langsung berkesimpulan bahwa saya ga antusias kerja. Ga semangat kerja, dan sangat pamrih. Sedihnya.. padahal, tau apa mereka kalo saya begadang2 sampe jam 3 pagi untuk urusan kantor? 

But, it was paid off. 

This year appraisal was great. *Big grin*

Teman-teman saya sampai heran plus takjub karena ada dua bos yang meng-appraisal saya. “Gek kamu buat Sejarah di appraisal 2 bos sekaligus” kata mereka. Saya cuma cengengesan aja. So, now you know that I’m special! I am so grateful. 

- It feels great when people notice things you have done and appreciate it.-

10 comments:

Slamsr said...

wahselamat ya gek
appraisal, emang tiap berapa lama ada appraisal?

EYSurbakti said...

Haha, bisa ngebayangin gimana tegangnya dinilai langsung sama 2 bos, ada yang bule lagi.. hhehe..
Tapi hasilnya pasti baik kan mba? :D

Sang Cerpenis bercerita said...

wah keyen keyen. naik gaji dong. hehe

ayie kasturi said...

hihi..
enak ya mba, ada appraisal di kantornya. kalo di kantor aku mah, paling cuma rapat2 biasa, ga efektif banget deh. banyakan ngantuknya sama ngrumpinya, makanya males banget kalo disuruh ikut. males ya intinya.>.<

Ceritaeka said...

Asyiiik. Traktiiiir :D

-Gek- said...

@ All comments.. :)
Appraisal umumnya setahun sekali, namun karena terlampau banyak guru di kantor saya..
Appraisal dijadikan dua tahun sekali. Kebijakan baru. :)
Yap, hasilnya bagus, dan soal naik gaji...??
Tenang.. emang terus naik tiap tahun.. hihihi.. Bersyukur banget deh pokoknya. ;)

Andy said...

ketahuan type karyawan yang suka Teng GO kalau udah jam 5 pas,hahaha

Ahmad Fauzan said...

Wih, Ibu guru ya? Guru dimana?

Now I know that you're special! :D

Sonna Anggoro said...

enaknyaaa,, kalau appraisal bisa dinilai kaya gitu. Kalo di kantor akyu, appraisal nya subjektif. HANYA berdasarkan penilaian si penilai aja. menurut kata hati pribadi. ga liat kualitas kerjanya. Kalo hubungan sosial nya ga bagus ato lagi ga mood pas nilai, bisa dikasi nilai jelek tanpa ragu2.

*nasib yang dapet nilai jelek tanpa tau alasan pasti*

Rian Ra-kun said...

in deed it is :)