Sunday, July 29, 2012

Poppy, I love You.


Gek, do you know Nana and Poppy?”
“They are lovely nick names for Grandma and Grandfather, do you love it?”
“I always miss when Sakura come and run to me calling me.. Poppy…Poppy…”
________________________________
Sepotong percakapan hangat saya dengan Jim, suami guru pendamping saya, waktu saya di negeri orang dahulu. Bincang hangat tentang Sakura, cucu kesayangannya- yang mampu membawa saya larut dengan hal yang disebut “Keluarga”. 

Meskipun sangat jarang bertemu… Nenek dan Kakek dari pihak Ibu saya, selalu ingat akan hal-hal penting tentang saya. Saat pulang ke Gianyar, saya selalu terharu merasakan kasih sayang yang melimpah ruah dari mereka. Malu rasanya, saya pulang kampung, hanya sekedar membawa hidung saya.. yang mancung juga engga.. :p

Mereka selalu membanggakan saya, more than anyone in this entire world.. Saya sempat khawatir dengan keadaan nenek dan kakek di kampung karena tidak ada yang menemani.. seems that nobody takes care of them.. 

Kakek beberapa waktu yang lalu, sempat jatuh di depan kamar mandi, tetapi wanti-wanti nenek menelpon saya dan bilang.. “Gek.. kakek baik-baik aja kok. Kan ada nenek di kampung. Gek ga usah pulang yaa… Kasian waktunya, urus Arjun aja biar sehat…. Nanti kalo kakek udah sehat, baru main ke kampung….” 
Sungguh mati saya tidak kuat menahan tangis waktu itu…

Syukurnya keadaan kakek berangsur membaik. Sudah bisa tertawa dan menanyai saya ini-itu. Kakek selalu bercerita tentang masa kecil saya dan juga wanti-wanti berkata… 

“Gek, kejar mimpimu ya.. “ saat saya mengutarakan untuk kuliah lagi ke negeri Kangguru. 

“Kakek bangga sama Gek. Biar kakek dan nenek aja ya nak, yang buta huruf, dan ga bisa baca.. yang penting cucu dan anak semua sukses… “ 

“Berapa umur kamu sekarang Gek?” 

“Kak apaan siiihhh..” (Kak adalah kependekan dari ‘Pekak’ bahasa balinya Kakek. ;) ujar saya manjaaa..

“Iya, Kakek inget lo Gek, kamu lahirnya bulan ini.. Bulan tujuh, kan..?" Ujarnya sambil memperbaiki kacamata tebalnya untuk melihat kalender. 

Saya speechless. Kakek bahkan masih ingat detailnya. Wuku, weton, hari… He is nearly 80 years old, now…..!

“Tanggal Dua Puluh Sembilan kan, nak?” 

Saya hanya mengangguk sambil menahan haru dan memegang tangan Kakek yang hangat. Memenuhi seluruh ruang hati saya dengan unconditional love. Cinta tulus iklas, tanpa pamrih.. 

“Kak ga bisa kasi Gek apa-apa ya sayang. Tapi percayalah, doa Kak selalu ada buat cucu Kak tercinta. Kak doakan, biar Gek bisa kuliah di luar negeri ya sayang.. “ 

“Iya Kak, Cuma itu aja yang Gek perlukan. Doa. Makasi ya Kak.. “ ucapku lirih. 

Me and Poppy
Dan, hari ini, saat umurku berkurang.. (berkurang dari jatah yg diberikan Tuhan.. :p) hanya doa yang bisa ku berikan pada kakek tersayang. Semoga Tuhan selalu berikan Kau kesehatan, kebijaksanaan, dan umur yang panjang ya Kek..
Poppy, I Love You, Love You, Love You so much..
Since I found out LOVE is YOU..

14 comments:

RIAN Ra-kun said...

waduh Gek, saya jadi kangen keluarga nih bacanya...

RIAN Ra-kun said...

komen saya tadi masuk gak ya?
ohya, semoga keluarganya aman sentosa selalu ya ^^

Bang Pendi said...

duh senangnya yg masih bisa bermanja2 dgn kakeknya. eh, umur berkurang? ulang tahun ya Bu? klo benar, met ultah ya....smoga panjang umur, sehat & sukses selalu...

Sang Cerpenis bercerita said...

jadi terharu bacanya..hiiks

Wuri SweetY said...

Otanjobi omedetou, Gek!
Shiawase ni natte ne!

Slamsr said...

selamat ulang tahun buat gek, kira kira umurnya sama dengan aku... oiya salam buat kakek...*benerin kacamata kakek*

Ferfau said...

Aku jadi terharu bacanya... :')
Doa dari orang tersayang memang bikin suasana hati jadi tenang dan bikin tambah semangat...

BlogS of Hariyanto said...

selamat hari lahir ya..semoga sehat bahagia selalu :)

Ninda said...

kakek yg hebat
cucu yg gak kalah hebat ya mbak geek ^^

IrmaSenja said...

saya hampir lupa sosok kakek, krn beliau tiada saat saya bahkan blm mengerti apa itu kakek atau cucu :(

cucunya hebat ternyata karena punya kakek yg hebat jg ya ^^

Fajar said...

idem gek kemarin kakek daku juga sempat jatuh pas pulang dari sholat jumat.. dan kakek..bilang ke om jangan bilang yang lain.. biar mereka bekerja dengan tenang..nanti kalau sudah pulang saja diberitahu.. jiaah...kepanjangan ya gek..soir nih.he.he.. oh..ya gimana punya kabar..lama ndak sua..nih..

Penanti Hujan said...

teringat kakek,
beliau juga tidak tamat sekolah
tapi semangat beliau untuk memperjuangkan pendidikan anak2 dan cucunya tak akan pernah saya lupakan :)

Ra-kun said...

ngomong-ngomong, Gek itu dari kata Jegek (Jegeg) bukan?

ohya, turut mendoakan semoga kakeknya dan semua keluarganya panjang umur :)

Sang Cerpenis bercerita said...

jadi inget nenekku. selalu aja memanjakan aku.