Friday, October 8, 2010

A little piece of... HypNooo..



“Apa? 500 ribu?” Saya spontan kaget mendengar nominal rupiah yang diucapkan teman saya, yang menganjurkan saya untuk mengikuti kelas Hypnobirthing.
“Mahal banget, mbak….” Cibir saya sambil menghela nafas, berat. Tentu saja berat. Uang gaji saya kan terbatas, tidak seperti sungai, walaupun peredarannya lebih heboh dari anak-anak sungai Kapuas. (lebay dot com)
“Gek, itu engga mahal! Kalo bidan yang ikut kelas itu saja, musti bayar satu setengah juta, tauu….” Ujar teman saya, memanas-manasi lagi..
“Perlu ga sih, mbak??” kejar saya lagi, sambil berpikir dalam-dalam, sedalam palung lautan.
“Perlu banget, Gek. Biar kamu tenang bersalin, dan proses lahiran juga lancar, mau normal kan?” ujarnya sambil memandang saya lekat-lekat.
Memang harus bercermin pada realita yang terjadi pada masyarakat belakangan ini, yang jauh memilih persalinan via meja operasi daripada normal. Saya pun jauh-jauh hari sudah bertekad untuk melahirkan secara normal.
N.O.R.M.A.L….!!!
Meskipun sebagian besar teman saya berbangga hati karena sukses mempunyai junior dengan proses operasi yang engga murah,,,
tunggu-tunggu.. saya bukan hanya bicara masalah biaya ya…
Syukur-syukur proses lahiran saya akan ditanggung oleh kantor. Jadi saya ga usah mikir tentang biaya – namun tentang kualitas sebuah persalinan itu sendiri.
Wanita mana sih yang engga punya rasa takut bersalin? Rasa takut itu pasti ada! Namun, bukan berarti kita menyerah,, engga banget deh!!!
Engga nyalahin juga, para wanita sudah terlanjur didoktrin oleh cerita-cerita buruk persalinan di masyarakat. Entah sakitnya jahitan episiotomi, entah sakitnya kala bukaan leher rahim, kontraksi, rasa lelah yang luar biasa… dan lain sebagainya… Namun yang perlu diingat adalah, itulah puncak penantian kebahagiaan kita selama 9 bulan lamanyaa…….Tentunya sakit itu ga akan sebanding dengan kebahagiaan yang kita peroleh saat mendengar suara tangisan bayi kita kelak..
Maka, dengan pasrah, saya pun menggunakan kartu debet saya untuk kelas Hypnobirthing beberapa waktu yang lalu.
Terus terang kalau saya beberkan di sini, waduh.. bisa-bisa sepuluh halaman juga ga selese bacanya.. hehehe..
Sebenarnya apa Hypnobirthing itu???
Menurut kutipan yang saya baca di buku, Hypnobirthing itu artinya seni dan keterampilan meningkatkan ketenangan pikiran sehingga ibu bisa bersalin dengan nyaman. Bukankah persalinan itu bersifat alami dan normal? Jadi momen persalinan itu patut dirayakan karena merupakan pengalaman indah bagi setiap ibu. (*panjang…)
Maka intinya adalah…. SEKALI LAGI….. Persalinan normal itu adalah proses yang paling alami, natural yang dijalani oleh wanita. Jadi seharusnya rasa khawatir, takut, dan stress itu dibuang jauh-jauh… Karena rasa-rasa itu sendiri yang akan menghambat proses kelahiran sang bayi.
Rasa sakit yang memang seharusnya dijalani itu, harus diterima dengan tenang, bukan ditolak. Semakin tubuh kita menolak, semakin sakit proses itu. Lain halnya kalau kita pasrah dan menerima, dan yang terpenting… tenang! Rasa sakit itu toh, hanya sebentar, engga selamanya.
Di kelas yang saya ikuti bersama suami, diberikan penjelasan panjang lebar kalau stress dan rasa takut itu yang akan menghambat kontraksi atau bukaan rahim. Jadi, proses persalinan yang normalnya 10 – 18 jam, akan molor menjadi sampai 24 jam! Engga banget kan!!!
Dalam kelas ini juga diajarkan tehnik-tehnik pernafasan dan relaksasi yang sangat penting dalam proses persalinan nanti. Di proses relaksasi tersebut, terapis memasukkan afirmasi-afirmasi positif di alam bawah sadar Ibu, seperti..
“Aku bisa melahirkan secara alami, lancar, dan normal.”
“Bayiku sehat dan sempurna.”
Dimana afirmasi-afirmasi positif ini harus dilatih terus menerus di rumah, lalu siapa terapisnya?
Tentu saja, sang suami, donk! : )
Di kelas ini juga diajarkan, apa yang suami bisa lakukan dalam proses persalinan, jadi ga hanya bengong, nelangsa, ato malah ikutan panik.  Kelas yang berlangsung selama tiga hari itu, ternyata  membuka mata dan hati suami saya, lo! Setelah kelas itu, suami saya menjadi jauh lebih perhatian dan lebih rajin menyapa dan berkomunikasi dengan buah hati kami yang masih bergeliat-geliat tanpa henti dalam rahim saya.
Memasuki usia kehamilan di minggu ke 33 ini, saya merasa jauh lebih relaks dan tetap bersabar menunggu momen terpenting dalam hidup saya.
Saya percaya, proses persalinan saya pasti berjalan dengan lancar, normal, alami, dan menyenangkan. Juga, saya pasti akan melahirkan bayi yang sehat sempurna, lucu, dan cerdas… Astungkara!
Doakan ya teman-teman. : )

27 comments:

Linda Belle said...

senangnya bumil...*sigh*

mocca_chi said...

hehehe beda ya masa sekarang am masa lalu, dulu mana ada yg bgini, taunya siapin kelahiran aja, pakaian, bidan dsb. sekarang tmbh rumittt

Sang Cerpenis bercerita said...

waduh, ngeri juga ya kalo mlahirkan. kirain hipnotes tuh. ehhee

sapidudunk said...

Semoga persalinannya normal ya Gek. Kemaren aku juga dikasih wejangan-wejangan, bahwa ketika melahirkan, wanita diberi kekuatan 5x lipat dari kekuatannya yang sebenernya.
Karena melahirkan adalah suatu kodrat dari wanita, dan melakukannya adalah anugerah paling indah.
Katanya, semua rasa sakit akan hilang begitu melihat si bayi mungil buah hati kita..

Elsa said...

adikku lagi baca baca buku soal hypnobirthing...
dia hamil 7 bulan sekarang

BABY DIJA said...

gak sabar nungguin adik kecil lahir..

ferdivolutions said...

ihiiiyy.... yang lagi "bawa" junior kemana2... kenalin donk,,,,

apa kabar , mbak Gek... aku eksis lagi di blog nih... halah #abaikan

JHONI said...

hm......2 kali lahiran keduanya istri saya pake jasa dokter operasi?!?!?!?! selalu tidak ada bukaan sigh!!!

hehehehehe jadi penasaran sama komennya si nchi.....emang udah pernah ngelahirin dulu ya bu wwkwkwkwkwkwk piss nchi!!!

Clara Canceriana said...

aihhh ngelahirin emg ngeri
masih jauh dari tahapku xDD
tp smoga bisa melahirkan normal ya gek ^^

Rin said...

waaah, mba...sebentar lagi ya?
semoga ibu dan bayi nya selalu sehaat... dan bisa melahirkan Normal seperti yg diinginkan.. amin.. :)

Bekti said...

Melahirkn itu mmg hrs tenang, Jeng. Tenaang... Melahirkan itu ga sakit kok :) asalkan bs mngatur nafas dgn baik. Yoi setauku kuncinya dipernafasan ya, Jeng? Bumil yg brteriak-teriak wkt melahirkn pernafasannya kacau, so jd tmbah sakit. Dulu aku ga ikut kls hipnobirthing sih, jd ga bs cerita byk. Pasti asik tuh krn suami ikut trlibat. Dulu aku belajarnya cm senam hamil, Jeng, itu pun hsil bljar dr internet n poster prenagen. Krn klo ikutn kelas hamil msti ijin kntor dulu, krn mulainya pagi.

tobytall said...

Hai Gek. Salam kenal :)

*mules baca postinganmu* hehe melahirkan normal itu emang sakit (banget) tp, apa ya .. karena kita tau, yg di dalam emang harus keluar dan pasti keluar hehe. TAPI NGELAHIRIN NORMAL ENAK. soalnya, bahkan satu jam habis melahirkan udah langsung sehat dan kuat. cuma itungan jam, aku bisa jalan2 :)

semangat ya. *psst, jangan lupa berdoa hehe*


btw, makasih ya kemarin udah ikutan surveyku :)

super-mommy said...

dimana kalo mo ikutan kelas itu as?
sebenernya, yang penting pede aja kali ya...tapi, untuk melatih suami ternyata bagus juga ya...
btw...kalo udah hari 'H' jangan malah dilupain teorinya yah say...
wish u, u'r baby, and u'r husband, lucky, ya....
good luck dear...

fanny said...

fotonya itu mesra kali..kirian foto si gek hehee.

tobytall said...

eh iya. sekadar saran. kamu kerja ga? kalau iya, malah yg harus dipikirin - siapa yg dimintain tolong jaga si dedek kalau kamu kerja. terus, juga masalah ASI (aku pernah posting deh soal ASI ini).

dua isu ini yg justru buat aku setres berat *jadi curhat :p

Sang Cerpenis bercerita said...

oot : kalimat bijaknya memang cuma segitu Gek. namanya juga dikirimin teman. hehhee

Itik Bali said...

aku menyimak aja..
siapa tahu aku nanti butuh info kaya gini
tapi masih lama juga kali yaaa
hehehe

Cerita Inspirasi said...

hoho, aku malah baru denger istilah ini.. hihi, ya udah deh, apapun usahanya.. aku doakan semoga persalinannya nanti berjalan lancar.. ^^

adin said...

Semoga lancar kelahiran anaknya mbak...hmm...sepertinya besok kalo saya dah nikah, mau juga ngajak istri ikutan pelatihan begini, biar tenang dan lancar :D

NDA said...

selalu didoakan dong mbaaakkkk hehe

miwwa said...

waaaah Mba Gek pasti udah ga sabar banget ya nunggu kelahiran baby nya. saya titip doa saja semoga persalinan Mba Gek nanti lancar. ibu dan bayi sehat. amiiiiinn... >,<

albertus goentoer tjahjadi said...

aku percaya mbak pasti bisa...
ayo mbak... tetap semangat ya... aku turut berdoa semoga semuanya berjalan dengan lancar... diberi kemudahan untuk menjalani semuanya dengan normal... nitip salam dari om untuk si 'kecil' yang belum nongol...

Gogo Caroselle said...

iya banget gek,
kalo buat anak berapapun juga jadi ya...
aku juga pengen normal kl punya baby hehe...
semoga semua lancar ya :)

Senja said...

semoga hipnobirthing membuat sahabatku ini lebih relax saat melahirkan nanti.

santai saja gek,...tidak seseram yg dibicarakan kok.
alami,..natural...semua wanita mengalaminya dan dijamin gek bisa dan sukses melahirkan normal dgn baby yg sehat,amiennn :)

edsa said...

have a nice day ^^

English Department Student Association (EDSA) Andalas University said...

wish u will always be oke :)

bliyanbayem said...

semoga nanti lahirannya normal ya, gek!!