Thursday, September 16, 2010

One Touch



Ini bukan iklan yang lagi santer dinyanyikan oleh Giring dan saudara kembar saya aka Agnes Monica yak.. # disiram aer seember.. hihiih.
ini soal bumil yang tiba-tiba mendadak dangdut.. eh, mendadak pusing maksud saya.
Memasuki bulan ke tujuh kehamilan – (tentunya dengan perut yang semakin seksi) Dokter saya mengganti vitamin saya. Sempat bertanya-tanya sih, karena udah cocok banget dengan vitamin yang sebelumnya, entah mengapa diganti vitamin yang lebih kecil, dan lebih murah pula… * bukan berarti saya banyak duit untuk minta vitamin mahal, cuma sedikit was-was apakah vitamin ini sebagus yang biasanya?
Nyatanya….  Semenjak vitamin diganti saya selalu merasa pusing. Bukan tanpa alasan juga, mungkin juga karena saya kelelahan, atau kurang tidur, wah.. saya ga tau pasti deh. Yang jelas sih, rasa pusing itu begitu mengganggu belakangan ini.
Apalagi saya masih mengajar pagi, jadi selama mengajar itu, saya berusaha untuk memandangi murid saya, menjalankan pengajaran dengan semangat, padahal.. kepala rasanya mau dipukul pake palu.. GETOKKKKKK…!!!! Ughhhhh pusing banget!!
Usaha saya untuk beristirahat dengan cukup sedikit menyembuhkan pusing-pusing itu. Saya sempet curiga kalo tensi saya turun, sampe-sampe suami maksa saya untuk ke dokter lagi.. aih.. cuma pusing, ga usah bayar konsultasi dokter lagi dehhhhhhh… *bumil irit. Hihihihihi.
Untungnya, keluarga saya orang kesehatan, dan kebetulan nih.. saya pulang kampung waktu libur lebaran. Saat pusing menyerang, tepat sepupu saya yang kebetulan dokter duduk di dekat saya dan langsung saya todong.
“Aku minta cek tensi donk.. kayaknya tensiku turun deh.” Ujar saya sambil menowel sepupu saya yang gembul.
“Emangnya kenapa?” Tanya dia.
“Pusing-pusing nich.. parah banget kadang.”
“hmm.. ga mungkin tensimu turun. Kalo tensimu turun, kamu ga bakal bisa haha-hehe dan duduk di sini, tauu..” ujarnya singkat.
“Trus, kenapa aku pusing-pusing, coba?” kejar saya.
“Mungkin saja anemia – atau kekurangan zat besi. Biasalah wanita, selalu perlu zat besi lebih banyak. Satu, karena mereka menstruasi setiap bulannya. Dua, karena lagi hamil. Asupan zat besi waktu hamil kan jauh lebih banyak dari biasanya, jadi kalau kurang, terjadilah pusing-pusing itu…. “ panjang lebar si dokter itu menjelaskan.
Saya manggut-manggut aja sih, dan sebelum saya berkata apa-apa, sepupu saya menyuruh saya untuk melihat ke atas, dan dia hanya menyentuh bagian bawah mata saya untuk melihat ke dalam kelopak bawah mata saya.
“Tuh.. bener kan, kamu kekurangan zat besi itu…. “ Katanya setelah melakukan sentuhan itu.
Hih… dalam hati saya mikir, gile.. canggih bener, Cuma one touch kaya gitu bisa diagnosa problem saya.. ck ck ck ck ck…
“Trus, aku musti gimana?” Tanya saya.
“Ya.. minum vitamin, donk.”
“Udah!” tegas saya.
“Kalo gitu, makan daging ayam. Jangan makan daging kambing atau daging yang lainnya, soalnya dalam daging ayam ada protein hewani yang bisa kasi asupan zat besi. Kalo kamubisa makan sayur, coba perbanyak sayur bayam…” Nasehatnya.
Saya manggut-manggut, terang aja sih saya pusing, karena juga engga sengaja belakangan ini saya malah mengurangi makan daging ayam. Malah Cuma makan daging merah, tempe, tahu, dan telur ajah.. Kalo sayur mah.. udah engga nyentuh selama hamil. Entah kenapa… *tapi saya rajin makan buah! : ) #pembelaan diri sendiri.
Setelah beberapa hari ini saya coba saran sepupu saya itu, ternyata bener loh! Pusing-pusing yang ada udah ga muncul lagi. Syukur banget deh!
Jadi buat para wanita yang sering pusing-pusing, cobalah makan daging ayam! Hehehe.
*meskipun ga berlaku untuk yang vegetarian… :p

22 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

ya jangan bandel. ikuti nasihat bu dokter. ini aku bawain ayam bakar. hehee

ra said...

wah, saya jadi pengen makan daging ayam campur tablet vitamin... :D

mocca_chi said...

emang vitamin bisa nambah darah ya

Fajar said...

semoga senantiasa diberi kesehatan bagi sang bunda dan sang cahaya mata yang saat ini masih di dalam kandungan...bu guru....

Elsa said...

wah akan kuingat ingat tips daging ayamnya. soalnya aku juga sering pusing pusing

thanks ya Gek...

BABY DIJA said...

Tante Gek...
Dija mau ulang tahun yang ke setengah nih.
acaranya syukuran giveaway gitu
Tante Gek ikutan yaaa

Bekti said...

Mo nambahin nih, dulu aku waktu hamil suka banget makan cam cau, Jeng (kayak cin cau tp warnanya ijo). Karena zat hijau daun bisa menetralisir MSG. Karna kalau lunch aku ga pernah bawa bekal dr rumah, tp lunch di kantin kantor yg pastinya tdk lepas dr MSG. MSG itu sendiri bisa masuk ke tubuh janin dan terkonsentrasi di sana (serem ya?). Selain itu juga kaya zat besi sehingga badan tak lemaz.

Ayas Tasli Wiguna said...

dah 7 bulan y gek.. mudah2an lancar gek,, ati2 kalo jalan y.. g sabar ni liat keponakanku, xixi...

emang bnr t, kalo bagian dalam kelopak mata bawah pucat/g terlalu merah, alamat t orang kurang zat besi darah. dan mang bnr mkn ayam t salah satu caranya,, ayam = bumil.. duh pengen hamil jg ni rasanya.. :mahodetected

kebookyut (DiVe) said...

hohoho... minta aja suplemen zat besi di dokternya...jd inget wktu ibu keboo marah2 soalnya pasienny udah hamil besar tapi gak pernah periksa meski puskesmas gratis.. dia mule ngoceh soal semua vitamin yang pasti dikasi gratis ke pasien tapi kenapa pasiennya tetep males.. *maap komennya gak nyambung,,

Sang Cerpenis bercerita said...

bawakan ayam rebus deh. lebih sehat kayaknya.

faiza said...

waah...semoga sehat selalu dan lancar melewati kehamilan..
salam kenal mb..

slmt idul fitri ,,minal aidin walfaizin..

Fanda said...

Waaah...gimana nih, aku alergi ayam! Hiks, padahal aku juga sering anemia kayaknya. Moga2 kamu sehat2 aja di trimester terakhir ini ya, Gek!

anak nelayan said...

wah nice info banget nih..untuk istri saya

ntiems said...

mudah2an bayinya sehat ya mbak..

Bekti said...

Jeng, dicoba dulu deh yang 2 lusin itu. Nti kalau kurang kan bisa nambah lagi. Sebenarnya ada diapers untuk bayi baru lahir, dulu aku pakainya yang Mamy Poko. Cuma baru dipakainya setelah Jos berumur 2,5 bulan. Pakai popok juga ga lama kok, setelah bayi 2 or 3 bulan pasti langsung beralih ke diapers ;)

Sang Cerpenis bercerita said...

met siang aja...lagi bobo siang ya bumil?

anyindia said...

I love daging ayam hehehehehhe jaga kesehatan ya mbak

albertus goentoer tjahjadi said...

wah... udah bulan ketujuh ya mbak... bentar lagi kalo begitu... ati-ati ya mbak... jaga kesehatan... biar entar pas waktunya tiba, semua dikaruniai kesehatan dan keselamatan... salam kasih untuk keluarga...

Freya said...

wuoh hati2 ya bu makannya. Harus bener2 dijaga makannya

bliyanbayem said...

hehehhe.... sakti juga sepupunya gek... sekali sentuh dah bisa tahu. ckckckckck....! semoga jabang bayi sehat-sehat aja ya.. ibunya juga! ^_^

Berry Devanda said...

emang lagi musim ya sms mama minta pulsa gitu...
sepertinya tukang tipunya tolol juga, mana ada orang yang percaya kayak gitu...

moon said...

hehehe, bumill yach udah lama gakkk mampirrr :), semoga kabar baikkk