Tuesday, September 21, 2010

Mama rock n roll...!


 Judul postingan saya ujung-ujungnya jadi judul lagu semua ya? Tapi tidak membicarakan soal lagu, melainkan soal peristiwa belakangan ini yang terjadi di sekitar saya.
Ceritanya.. pada suatu waktu.. di kelas bahasa Indonesia saya.. *halah panjang amat preambulenya.. dering sms salah satu murid saya berbunyi. Memang sudah hampir selesai jam pelajaran saat itu, maka dia dengan pedenya membuka sms itu dan membacanya. Lalu melihat saya dan berkata..
“Miss, could you translate this sms to me?” kata si mata biru menyiratkan permohonan seperti dia berlutut di depan saya karena saya kependekan kalo dia berdiri… hihihihi.
“Tolong baca” jawab saya.
Dia pun membaca sms panjang itu. Saya ga ingat betul isinya. Tapi, intinya adalah…
“Ini Mama. Mama pakai nomer HP teman Mama. Tolong kirim pulsa Rp. 100.000 ke nomer baru Mama.. 08123XXXXX . Ada urusan yang mendadak sekali. Tolong ya. Mama. “
 contoh sms yang saya copas dari internet.
“Is the sms said that it’s my mom and she asked me to buy pulsa, because it’s emergency?” kata murid saya itu.
Saya bilang aja. “Iya.” Karena seingat saya, dia tinggal dengan Ibu Tirinya yang berasal dari Jawa, Indonesia. Jadi, sms bahasa Indonesia bukan hal yang heboh lah-- pikir saya saat itu.
“Miss, do you know it’s fake?”
“Hah?” Saya bengong denger pertanyaan dia. Kok bisa dia bilang sms itu palsu?
“My family and my friends never sms me in Bahasa, so, this is fake, Miss! You have to be hati-hati, too!” katanya lugas.
Gantian otak saya yang muter-muter mikir. Soalnya itu kan HP murid saya, dari mana coba orang bisa tau nomer HP dia, dan langsung nyuruh beliin pulsa???
## Dasar bumil lemotttttttttttttttttttttt…!!!
Ternyata gampang banget ya, mengetahui nomer HP seseorang, karena kita sering banget beli pulsa di kios-kios elektrik, jadi nomer HP bisa aja menyebar luas..  Lagian voucher-voucher pulsa di Indonesia kan jarang banget, bisa dibilang, hampir tidak ada..
Saya juga baru ingat, itu sebabnya di luar negeri, tidak pernah ada yang namanya pulsa elektrik! Semua berupa voucher! Jadi kalau bukan orang yang berkepentingan, tidak ada orang “luar” yang bisa mengetahui nomer HP kita….
Ga bakal ada sok salah sambung yang berujung pada hipnotis penarikan uang.. ga bakal ada telfon di dini hari dan miscall ga bertanggung jawab berkali-kali, ga bakal ada sms-sms penipuan yang lagi marak sekarang ini!!!
Tambahannya lagi, masalah “SMS dari Mama” ini, sudah naik di harian Kompas hari Minggu kemaren, loh!
Jadi, bloggers.. tetaplah waspada!

30 comments:

Fajar said...

wah temenku juga pernah mbak..malah 300 rb....semnpat terkirim 200 rb...mbak...kudu hati hati...banyak modus sekarang..entah itu hadiah...atau mengaku orang terdekat..

Philida Thea said...

mama, papaku udah dapet sms gitu mba.. hehhe

cuma di Indonesia yang bisa begini :D

Cerita Inspirasi said...

Siap bu!! makasih atas peringatannya... :D

Agung Pushandaka said...

Saya juga pernah dapat sms itu. Saya balas, apa ndak sekalian 100rb saja ma? Ndak dibalas lagi. :)

Bekti said...

hahaha......dulu waktu aku jadi bumil, sering juga merasa otak rada2 telmi gitu :D. Tapi katanya bumil-bumil yang lain gitu juga deh, ntar kalo baby nya lahir, otak jadi cerdas kembali, hihi...

Berarti pulsa elektrik emang tidak aman ya? aku mah kapok pakai elektrik, karena kadang 1 hari pulsanya baru nongol, huee...

Gogo Caroselle said...

aih gaul juga si adek dpt sms mama,
skrg uda ada lo sms papa...
aneh2 ya...
tiap kali top up akunya di atm jdnya aman deh :)

mocca_chi said...

uda dari lama kaleeeeee huh bumil lemot. tapi tadi aku juga dapat sms yang sama dari si bli, aku kirimin, ntu penipuan ga ya *thinking*

edsa said...

pasangannya papa rock n roll ya ^^

Sang Cerpenis bercerita said...

aku pernah juga dpt sms spt ini. tapi kucuekin aja

JBagus said...

Telaaaaatttttt....! hehehe...

Freya said...

ane juga pernah tuh dapet. jiah pokoknya di hape ane kalo ga ada namanya ga bakal ane gubris sama sekali kecuali ditulis dl namanya sapa heheheh

bliyanbayem said...

wah, dapet juga ya... aku juga dapet beberapa hari yang lalu. mau di post di blog... eh, malah ke hapus. kurang ajar tuh orang.. pake nama2 mama segala!

acacicu said...

ternyata banyak yang pernah dpt sms model gini selain sy. Alhamdulillah dulu nggak sy gubris;

albertus goentoer tjahjadi said...

waduh... ternyata si mama ini emang udah nyampe mana-mana ya mbak... aku udah beberapa kali tuh nerima smsnya...

blogger templates said...

saya juga pernah itu kena sems kayak gitu...., cuman sayangnnya saya manggil ibu bukan mama....? hahahahhahahah

salam kenal yach....

Isti said...

waspada..waspadalah...orang semakin kreatif untuk menipu

Itik Bali said...

Hehehe...aku juga pernah dapet sms ginian
jelak gak mungkin, wong aku panggilnya bukan mama kok
panggilnya Ibu..

Enno said...

iya aku jg sering dapet... pernah kubalas, sori ye gue ga punya mama, gue punyanya mbok'e! hehehe

btw bumil emang suka lemot ya? wah perlu jd catatanku utk kedepan ni :P

Sang Cerpenis bercerita said...

ada yg sms dari papa juga lho. katanya papa di kantor polisi dan tolong transfer pulsa ke nomor hp pak polis.bla bla bla..hehee

Gaphe said...

untung selama ini belon pernah ada kejadian minta dibeliin pulsa sama saya...

*soalnya saya pelit*. hahahah

Anonymous said...

hahaha.... saya malah uda berkali-kali dpt sms macam tu gek... tp dasar penipu goblok, sejak kapan saya manggil simbokku dng panggilan mama... ???-.

albertus goentoer tjahjadi said...

datang berkunjung mbak untuk menanyakan kabar...

Senja said...

aku dua kali terima sms seperti itu gek,..hahaha,dasar kurang kerjaan yak,udh pasti aku gak tertipu :p

apa kabar bumil,...gimana dgn kehamilanmu sahabat?
foto dong pengen tahu gek yg lg berbadan dua :)

NDA said...

pertama aku pikir salah sambung mbak... tapi kok gt terusss males deh dismsin karena capek ya aku bales : mamaku insyaALLAH disurga hehe :)

miwwa said...

pernah temenku yg gapunya ibu lagi dapap sms seperti itu, dia balas. "Ma, gacukup apa aku kirim doa aja buat Mama? Masa Mama perlu pulsa segala biar tenang." #krik

rid said...

hahahaha...
aku juga dapat sms beginian
aku bales aja "ini mama jadi-jadian ya? mama asliku kan gak punya Hp! WEEEEKS :p"

Sang Cerpenis bercerita said...

met malam..

Anggi Zahriyan said...

Saya belum pernah dapet sms kayak gitu. Lebih hati-hati nih...

Seiri Hanako said...

hahahaha
ini sudah banyak yang kena
n adayang ddah posting di blognya
namun sialnya
ada yang ketipu juga
hahahahaha

(bukan aku lho ya)


^__^

Itik Bali said...

Mbok Gek Kalo ada waktu, tolong bantu teman blogger kita ibu Endah buat ngisi surveynya tentang blogger Indonesia ya..

lihat aja di postingan saya yang ini.
http://www.itikbali.com/2010/10/survey-blogger-indonesia.html

thanks berat